Strategi Analisis Data Kualitatif dengan Program NVivo

ByCPHI Unud

Strategi Analisis Data Kualitatif dengan Program NVivo

Pada hari Sabtu, 16 Maret 2019. Tim CPHI diundang untuk memberikan pelatihan program analisis kualitatif dengan menggunakan Program NVivo kepada para dosen di fakultas pariwisata.

Dengan semakin berkembangnya teknologi didunia penelitian, terdapat berbagai teknologi digital yang mempermudah pekerjaan kita. Salah satunya di dunia penelitian yang semakin berkembang.

Dalam melakukan penelitian, tentunya terdapat beberapa hal yang tidak dapat dijelaskan dengan angka atau analisis statistik (SPSS, STATA, …). Seperti misalnya faktor sosial budaya dapat mempengaruhi penyebab suatu kasus/masalah terjadi. Sehingga hal tersebut membutuhkan analisis yang mendalam. Sebagai contoh dalam dunia kepariwisataan, wisatawan yang datang ke Bali dapat dipetakan dengan Sosial Network Analisis Kualitatif yang dapat mempengaruhi kunjungan dan mengetahui daya tarik dari wisatawan tersebut.

Kepadatan network dari responden yang diteliti dapat dianalisis dengan lebih mudah dengan aplikasi NVivo ini. Mulai dari pengelompokan (koding) sampai pada persebaran, peneliti dapat dengan mudah membaca data serta temuan dilapangan. Bukan hanya dari hasil wawancara dan fokus grup diskusi, tetapi juga hasil observasi dari gambar dan juga dapat digunakan untuk analisa mixed-method. Tentunya peneliti akan sangat terbantu dengan aplikasi ini, lebih mudah, cepat, dan terstruktur.

 

About the author

CPHI Unud administrator

Center for Public Health Innovation whose activities focus on providing research in the public health sector.

Leave a Reply